Selasa, 08 April 2014

Transportasi Ke Kota Berastagi


TRANSPORTASI UMUM KE KOTA BERASTAGI

Buat kalangan traveller mungkin tidak asing lagi untuk mendengar nama wisata dataran tinggi yang satu ini, yaitu Dataran tinggi Karo daerahh yang terkenalnya adalah Kota BERASTAGI. Untuk menjelajah kota yang satu ini bukan hal susah dikarenakan jaraknya kurang lebih 78 km dari kota Medan Sumatera Utara.

Buat Para sahabat yang blackpacker maupun berencana jalan ke Berastagi menggunakan transportasi umum bukan hal yang sulit untuk sampai di Kota yang nan indah ini. Apabila sahabat berangkat dari luar Sumatera Utara ada beberapa cara yang paling ekonomis untuk sampai di kota Berastagi:

1. Titik berangkat berawal dari Bandara Internasional Kuala Namu, para sahabat cukup menggunakan transportasi Bus DAMRI tujuan Binjai dengan tarif Rp.30.000,00 dan turun sebelum sampai di kota Binjai tepatnya di Simpang Pos Medan.
2. Kemudian setelah sampai di Simpang Pos Medan, para Sahabat melanjutkan kembali menggunakan bus sedang, dari simpang pos bisa menggunakan Becak motor maupun berjalan kaki  sekitar 100 m menuju Terminal  Bus yang menuju kota Berastagi, salah satu terminal pembantu terdekat adalah menggunakan Bus Murni, selain itu ada juga Bus Bornea, Sutra dan Sinabung jaya. Keseluruhan bus ini trayeknya Medan - Kabanjahe, Kabanjahe merupakan ibukota Kab. Karo sekitar 10 km setelah kota Berastagi, jadi jangan sampai lupa untuk mengatakan kepada kernet Bus untuk turun di kota berastagi, ongkos yang diberikan juga relatif murah yaitu Rp.10.000,00 dari kota Medan menuju Berastagi.

Perjalanan para sahabat dari kota Medan menuju Berastagi menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam di hari biasa, kalau untuk hari libur atau weekend mungkin lebih dari 2 jam dikarenakan Berastagi seperti Kota Bogor bagi masyarakat Jakarta, tetapi yang pasti nggak semacet bogor ya. Dalam Perjalanan kurang lebih 2 Jam para sahabat akan di suguhi dengan pemandangan Alam yang luar biasa yang masih asri dan segar. Jadi sekedar mengingatkan buat sahabat, walaupun kota Medan begitu panas maka kota Berastagi kebalikan dari Kota Medan bisa dibilang super dingin apalagi pada saat musim penghujan. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan baju yang bisa menghangatkan badan. Selain itu jangan lupa menyiapkan obat-obatan yang anti mabok di jalan dikarenakan setelah melewati kota Bandar Baru (Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang) jalannya bakal berkelok-kelok atau tepatnya tikungan 180 derajat sebelum sampai di Kota Berastagi. Selain itu bus-bus kota berastagi sudah biasa membawa kendaraan dengan kecepatan yang tinggi jadi jangan lupa kencangkan sabuk pengaman, khususnya pengaman Jantung, hahaha.


Setelah transportasi mungkin kita cari tempat penginapan yang murah juga ya buat sahabat dan nanti kita bahas satu persatu wisata yang bisa dikunjungi juga.

Salah satu Transportasi Simpang Pos Medan - Berastagi - Kabanjahe :

Mejuah-juah.....


5 komentar:

  1. Bang, thanks buat infonya yg bermanfaat. Memang bener di Sumut banyak sekali tempat pariwisata yang menarik, hanya saja, karena infra struktur yang tidak mendukung akibatnya diperlukan waktu yang banyak untuk menikmati semua daerah pariwisatanya. Numpang tanya nih Bang, ada kaga jalur yg cepet dari Berastagi menuju Bukit Lawang ato sebaliknya? Selama ini kan cuman lewat Medan dan Medan tuh macetnya ya ga usah dibilang lagi... Sharing dong infonya!! Email gw: aesyis@yahoo.co.uk. Makasiiih!

    BalasHapus
  2. Bang, thanks buat infonya yg bermanfaat. Memang bener di Sumut banyak sekali tempat pariwisata yang menarik, hanya saja, karena infra struktur yang tidak mendukung akibatnya diperlukan waktu yang banyak untuk menikmati semua daerah pariwisatanya. Numpang tanya nih Bang, ada kaga jalur yg cepet dari Berastagi menuju Bukit Lawang ato sebaliknya? Selama ini kan cuman lewat Medan dan Medan tuh macetnya ya ga usah dibilang lagi... Sharing dong infonya!! Email gw: aesyis@yahoo.co.uk. Makasiiih!

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya, kebtulan tgl 1 jan 2017 ini akan bawa ibu ke Kabanjahe (dari bekasi)

    BalasHapus
  4. Kalau dari amplas ke berastagi gimana bang?

    BalasHapus
  5. Angkot dari k.jahe ke berastagi apa bang?

    BalasHapus